Senin, 05 Maret 2012

Clean and Care, Cerminan Sekolah Adiwiyata

"Setiap Hari Jumat kok ada siswa SMAN 10 Malang yang tidak berseragam?" kata seorang tamu yang sedang berkunjung di sekolah adiwiyata ini.
Memang benar, pasalnya sekolah yang meraih adiwiyata mandiri November 2011 lalu ini mengadakan sebuah program berjuluk CnC. CnC adalah kependekan dari clean and care, atau bersih dan peduli. CnC sendiri adalah program baru yang dimulai sejak SMAN 10 Malang meraih adiwiyata mandiri.

Program CnC ini adalah serangkaian kegiatan peduli lingkungan sekolah. Setiap kelas diwajibkan membersihkan ruang kelas, merapikan, membuang sampah pada tempatnya dengan membedakan yang basah dan yang kering, menanam tumbuhan di depan kelas. Sehingga setiap ruang kelas di SMAN 10 Malang akan terlihat bersih, elok, dan asri. Setelah itu, setiap hari Kamis akan dinilai kelas manakah yang mendapat poin kebersihan paling tinggi. Untuk kelas yang mendapat poin paling tinggi alias kelas terbersih akan mendapat kehormatan untuk mengenakan pakaian bebas berkerah pada Hari Jumat.
Baru-baru ini panitia CnC juga mengadakan pembaruan pada program ini yaitu setiap kelas harus mempunyai kotak aspirasi yang terbuat dari kertas sisa kotak makan. "Hal ini bertujuan agar antara panitia CnC sendiri dengan para siswa lain bisa lebih memahami dan terjalin persaudaraan yang kuat, sehingga aspirasi dari para siswa dapat ditampung untuk kemudian direalisasikan," ujar Trisnayati Awita Putri selaku koordinator program CnC kepada Tim Malangsa kemarin (04/03). Selain itu kotak aspirasi juga sebagai gambaran bahwa siswa/siswi SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) ikut serta dalam program recycle yang baru-baru ini dicanangkan pemerintah. "Kami selalu terbuka dengan saran teman-teman, demi lebih baiknya program kami ini," imbuhnya. (gal)

0 komentar:

Posting Komentar

Please give us comments for better writing, photograph and design !

Diberdayakan oleh Blogger.