Sabtu, 25 Februari 2012

Learning To Live, Belajar Untuk Hidup

Jika sekolah lain mengenal ekstrakulikuler, SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) mengenal Learning To Live atau disingkat L2L.
L2L merupakan suatu wadah bagi siswa SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) untuk mengembangkan bakatnya, berpikir kreatif, serta belajar bersosialisasi."L2L bukan sekedar kegiatan ekstra di luar jam pelajaran, namun L2L adalah wadah bagi siswa/siswi untuk lebih menghargai kehidupan," tutur Bu Djoeni Hendarti selaku koordinator L2L kemarin (24/02). "Dari kepanjangannya saja kan sudah kentara. Learning To Live, belajar untuk hidup," tambah Bu Djoeni yang sempat belajar di Singapura ini kepada Tim Malangsa.
L2L sendiri mewajibkan siswa/siswi SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) untuk mendapatkan 80 jam selama belajar di SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy). Di dalam L2L itu sendiri, yang diutamakan bukan prestasi non-akademik, namun pengalaman yang didapatkan siswa setelah mengikuti program L2L. Semua siswa diwajibkan minimal mempunyai 4 macam L2L yang terdiri atas :
  1. Personal Well-Being atau disingkat PWB ini, adalah cabang L2L yang melatih siswa menjadi pribadi/individu yang baik. PWB terdiri dari berbagai macam, diantaranya : pencak silat, karate, tae kwon do, futsal, voli, basket, badminton, catur, dll.
  2. Global Environment Citizenship atau disingkat GEC, merupakan cabang daripada L2L yang memberikan pemahaman kepada siswa mengenai arti penting mencintai lingkungan, sesama, hingga negaranya. GEC terdiri dari : GEC (meliputi : TOGA, vegetables, mushroom, water conservation, saung kagura), Paskibra, Pramuka/scout, Dewan Riset Muda, PMR, dll.
  3. Creativity and Art atau disingkat CnA, meliputi cabang L2L yang membekali siswa dalam mengembangkan kreatifitas, seni, dan inovasi. CnA sendiri meliputi : Art, batik, ICT Web Design, ICT Graphic Design,Tradisional Dance, Modern Dance, dll.
  4. Community Service atau disingkat Comserv, merupakan suatu program untuk melayani masyarakat. Program ini dimaksudkan agar siswa  SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) lebih peka terhadap masyarakat sekitar, sekaligus mengamalkan ilmu-ilmu yang telah didapat dalam bentuk pelayanan yang disebut comserv. SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) memiliki berbagai tempat yang telah bekerja sama dalam program comserv, diantaranya : Sekolah Dasar, Taman Kanak-Kanak, Yayasan Panti Anak Cacad (YPAC), Panti Asuhan, Panti Jompo, Dinas Kebersihan, Dinas Kepolisian, Dinas Sosial, dan berbagai tempat community service lainnya.
Selain itu, SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) juga memiliki program bagi siswa/siswi yang ingin mengembangkan kemampuan akademiknya dalam wadah yang disebut dengan special program, yang meliputi : Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, Komputer, Ekonomi, dan Astronomi. Diharapkan dengan program L2L ini nantinya siswa/siswi SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) dapat terbekali ilmu-ilmu yang dapat mengantarkan mereka ke masa depan yang syarat akan persaingan. (gal)

     

2 komentar:

JejakSains mengatakan...

berarti nggak sekedar ekstrakulikuler, namun lebih tepatnya belajar untuk hidup. Nice info gan :D

gRite mengatakan...

fotonya mana gan ?? pengen tahu..hehe

Posting Komentar

Please give us comments for better writing, photograph and design !

Diberdayakan oleh Blogger.